Hello, Kali ini saya akan membahas tentang ‘Masa Depan’ Per-internetan yang lagi hits dibahas oleh orang-orang, yaitu IoT atau Internet Of Things. Tapi sebelumnya, apasih IoT itu?

APA SIH INTERNET OF THINGS (IOT) ITU ?

main-qimg-65f2e4c3ba310699c956bbe47fa7803f

Dikutip dari Wikipedia. Internet of Things merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Kemampuan yang tersedia seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya. Singkatnya, Internet of Things merupakan konsep dasar dimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi melalui sebuah jaringan.

Jadi, benda-benda rumah tangga seperti TV, Kulkas, Lampu, Mesin cuci, Dan masih banyak lagi, dapat saling mengirim data baik dengan handphone, komputer, web, ataupun dari server sekalipun. Contohnya, kita dapat menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh dengan Internet of Things (IOT) ini. Keren bukan??!!

APA SAJA DAMPAK INTERNET OF THINGS (IOT) ?

samsung-app-fridge

Sangat banyak dampak yang dapat kita rasakan yang diakibatkan IoT tersebut, seperti mengontrol cctv rumah dari tempat yang jauh, mengatur suhu ruangan kita dengan Smartphone, dan masih banyak lagi. Intinya, Internet of Things ini dapat mempermudah segala aktivitas manusia.

MENGAPA IOT BEGITU PENTING ?

Pada zaman perkembangan teknologi yang begitu pesat ini, segala aktivitas manusia dapat dipermudah dengan adanya teknologi tersebut. Ingatkah kalian, dulu jika kita ingin mengirim pesan, kita harus menulisnya terlebih dahulu pada selembar kertas, kemudian menulis alamat yang dituju, dan membeli prangko lalu ditempelkan diatas kertas/amplop surat tersebut, kemudian memasukannya kedalam kotak surat. Tapi sekarang, kalian hanya tinggal membuka Smartphone, kemudian membuka aplikasi Chatting / SMS, mengetik ID Chatting yang dituju / nomer telepon, dan voila!, pesan kalian sudah terkirim.

Dengan adanya IoT ini, aktivitas manusia yang ‘konvensional / manual’ dapat kita automatisasi dan terkomputerisasi dengan mudah.

BAGAIMANA CARA MEMULAI IOT?

Ada banyak contoh alat (IoT) yang sudah beredar di pasaran, seperti SmartWatch (Xiaomi Mi Band, FitBit, Apple Watch, dll), Smart Lamp (Philips Hue, Yeelight), dan lain-lain. Tetapi, jika kalian ingin membuat alatnya sendiri, maka kalian dapat membuatnya dengan Mini Computer, seperti RASPBERRY PI, ARDUINO INDUSTRIAL, BANANA PI, dan sebagainya. Tetapi kalian butuh skill Pemrgoraman untuk memakai Mini Computer ini untuk diubah menjadi IoT. Namun, jika kalian ingin cepat mengaplikasikan IoT, kalian dapat membeli alat-alat yang sudah terintegrasi dan langsung memakainya

Sekian dari post kali ini, nantikan post tentang teknologi berikutnya!

Leave a comment